Teologi Sistematika ( Kristologi dan Soteriologi)

Nama : Devianti Tuwongkesong
Semester : IV Pastoral (Penggembalaan)
M. Kulia : Teologi Sistematika ( Kristologi dan Soteriologi)

Tugas II:
1. Apa makna atau pengertian,serta frase yang di berikan dalam kitab Kisah Para Rasul 16:31?
2. Berikan pengertian tentang Anugerah tidak bisa di tolak?
3. Apakah Makna dari kehancuran atau kerusakan total?

Jawab:

1.A. Makna dari kitab Kisah Rasul 16:31 yang berbunyi demikian Jawab mereka: “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.”
Sebelum saya menjelaskan tentang makna dari kitab kisah para rasul 16:31 ini terlebih dahulu kitab mencari tahu arti atau pengertian dari kata “Seisi”. Kata “Seisi” adalah tambahan karena dalam bahasa asli ditulis “rumah (keluarga)” (‘HO OIKOS’) saja. Tentu saja tidak bermakna bahwa seluruh keluarganya selamat gara-gara hanya ia saja yang percaya, tetapi keselamatan itu diberikan kepada mereka seperti kepadanya. Keluarganya akan selamat sebagaimana ia di selamatkan.
Sehingga kita bisa tarik makna dalam ayat ini yaitu bahwa keselamatan membawa dampak bagi orang-orang sekitar. Dimana seorang yang sudah diselamatkan akan menjadi saksi bagi orang lain yang belum diselamatkan. Sehingga Orang-orang lain akan melihat perubahan hidup murid Kristus dan kebajikan yang ditampakkannya akan membawa orang lain juga datang kepada Kristus.
B. Frase dari kitab Kisah Para Rasul 16:31 ini yaitu 16:31 “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus ” Kata pisteu∩ dapat diterjemahkan “percaya”, “iman”, atau “kepercayaan”. Terutama adalah respon mempercayai kehendak (lih. 10:43). Perhatikan juga bahwa yang dipercayai adalah pribadi, bukanlah sebuah doktrin atau sistem teologis. Orang ini tidak memiliki latar belakang Yahudi (lih. Kota Niniwe dalam kitab Yunus). Namun, persyaratan untuk keselamatan penuh sangatlah sederhana dan sama saja! Ini adalah ringkasan paling singkat dari Injil dalam PB. Pertobatannya ditunjukkan dengan tindakannya. “engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu” Zaman dahulu agama kepala keluarga adalah agama dari semua anggota keluarganya (lih. 10:02, 11:14, 16:15, 18:8) . Bagaimana hal ini bekerja pada seseorang, tidak jelas, tetapi harus melibatkan level iman seseorang pada bagian masing-masing individu. Paulus lalu memberitakan firman Tuhan kepada kepala penjara dan kepada seisi rumahnya (lih. ay.32).

2. Pengertian “Anugerah tidak dapat di tolak” menurut Pengikut Calvin yaitu Anugerah Allah tidak dapat di tentang karena Allah memiliki “Anugerah yang tidak dapat di tolak” Dalam hal ini ia tidak mengartikan bahwaYehova menindas kehendak manusia seperti mesin giling yang sangat besar yang sukar di kendalikan ! Anugerah yang tidak dapat di tolak tidak didasrkan kepada kemahakuasaan Allah, sebaliknya pada karunia kehidupan yang di kenla dengan pembaharuan / regenerasi. Karena semua orang mati mau tidak mau di tarik oleh iblis, penguasa maut, dan semua roh orang yang hidup di terima oleh Yehova, Allah bagi yang Hidup, Tuhan kita sungguh memberikan orang-orang pilihanNya Roh kehidupan! Pada saat Ia melakukannya maka perwujudan rohani dari dua prinsip mereka yang berlawanan itu berubah. Dimana mereka dulu untuk pertama kalinya “Mati dalam pelanggaran dan dosa” dan berorientasi kepada iblis, sekarang mereka di jadikan hidup didalam Kristus” dan berorientasi kepada Allah. Pengikut Calvin juga mengurutkan peristiwa itu adalah pertama, Anugerah Allah akan kehidupan, kemudian Iman yang menuntun pada keselamatan.
Maksud dari Anugerah yang tidak dapat ditolak juga yaitu Ketika Tuhan memanggil orang untuk diselamatkan, dan pada akhirnya orang tersebut akan datang kepada keselamatan. Dalam bahasa Inggris: Irresistible Grace adalah doktrin dalam teologi Kristen terutama yang terkait dengan Calvinisme, yang mengajarkan bahwa anugerah keselamatan Allah secara efektif diterapkan untuk siapa (umat pilihan) yang Ia tentukan untuk selamat, dan pada saat yang ditentukan Tuhan, menaklukkan perlawanan mereka untuk mematuhi panggilan Injil,serta membawa mereka kepada iman di dalam Kristus.
3. Makna dari kehancuran dan kerusakan Total dalam doktrin Calvin yaitu menurut doktrin kerusakan total (Total Depravity), setiap manusia lahir dalam keadaan yang menggenaskan. Manusia mewarisi dosa asal dari Adam yang mengakibatkan mereka memiliki status berdosa, dikuasai oleh dosa dan naturnya rusak oleh dosa. Masalah ini masih diperparah dengan otoritas Iblis dan pengikutnya atas orang-orang yang di luar Kristus, sehingga keadaan ini membuat manusia tidak mungkin memilih Allah. Tidak ada cara apa pun juga yang dapat dilakukan dari pihak manusia. Kondisi manusia yang sedemikian ini hanya dapat diperbaharui oleh karya Kritus, sehingga manusia kembali menjadi serupa dengan gambaran-Nya.
Kematian Yesus Kristus adalah merupakan suatu keharusan yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Allah Tritunggal di dalam kekekalan, di mana Allah telah menyediakan keselamatan, yaitu melalui inkarnasi Yesus di dunia. Menurut Calvin, keselamatan yang Allah sediakan dalam kekekalan, hanya bagi sejumlah orang yang akan masuk dalam rancangan keselamatan-Nya. Hal inilah yang disebut dengan Predestinasi. Tentang doktrin ini, Calvin menjelaskan bahwa pemilihan adalah kedaulatan Allah dalam keselamatan yang bersifat kolektif (Ulangan 7:7-8) dan individual (Kejadian 45:7; Yesaya 10:21; Roma 9:13). Selanjutnya, Calvin menegaskan bahwa justru tanpa predestinasi Allah yang berdaulat ini, umat manusia akan terhilang dalam dosa secara kekal. Di dalam rencana penebusan-Nya, Allah memilih untuk menebus sebagian manusia untuk memuliakan nama-Nya yang kudus. Melalui hal ini, banyak orang menyerang Calvin dan menganggap Allah Calvin sebagai Allah yang pilih kasih, karena tidak memilih semua orang untuk diselamatkan.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s